3 Alasan Kenapa Stres Bisa Menyebabkan Badan Gembrot, Gemuk dan Perut Buncit

3 Alasan Kenapa Stres Bisa Menyebabkan Badan Gembrot, Gemuk dan Perut Buncit – Bayak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Selain malas melakukan olahraga serta mengonsumsi makanan yang sembarangan, ada faktor lainnya yang bisa menaikan berat badan seseorang. Faktor tersebut ialah stres. Stres dapat terjadi jika seseorang mengalami banyak beban pikiran, ketegangan mental, fisik maupun emosional. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan prokduktivitas yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Namun untuk setiap orang berbeda-beda reaksi yang didapat, ada juga seseorang ketika stres berat badannya turun dengan cepat dan ada juga seseorang ketika stres malah membuat berat badan mereka semakin naik hingga menyebabkan kegemukan. Berikut ini akan kita bahas mengenai mengapa stres bisa menyebabkan gemuk? Simaklah ulasan berikut ini!

1. Stres Memperlambat Proses Metabolisme

Beban pikiran yang amat mendalam/stres memang membuat seseorang mengalami gangguan emosional. Hal ini dapat mengacaukan hormon dalam tubuh sehingga metabolisme di tubuh menjadi tidak seimbang. Ketidak seimbangan metabolisme tubuh inilah yang menyebabkan pembakaran pada lemak, kalori, dan gula menjadi tidak maksimal. Stres juga berdampak pada produksi insulin yang diatur oleh tubuh menjadi berkurang jumlahnya. Ini akan mengakibatkan anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi sehingga kenaikan berat badanpun tidak dapat dihindari lagi. Tidak hanya itu, bila anda tidak segera mengatasinya maka akan mengakibatkan kadar gula dalam darah menjdi tidak terkontrol dan menimbulkan penyakit diabetes.

2. Stres Mengakibatkan Salah Mengenali Lapar

Stres mengakibatkan hormon dalam tubuh mengalami kekacauan yang dapat menimbulkan gangguan sinyal yang sampai ke otak. Gannguan sinyal ini akan membuat orang kebingungan menentukan dirinya mengalami kehausan atau kelaparan. Karena gangguan mereka menganggap rasa haus menjadi rasa lapar sehingga merekapun mengonsumsi makanan yang berkalori untuk menanggapi sinyal tersebut. Stres juga dapat memicu seseorang berkeinginan untuk memakan-makanan ringan/snack dalam jumlah yang tidak sedikit. Kita tahu bahwa makanan snack mengandung kalori dan lemak yang tinggi, dan jika anda mengonsumsinya berlebihan ini akan membuat anda terkena diabetes. Contoh makanan tersebut ialah es krim, keripik kentang, cokelat, dan makanan manis yang lain.

3. Menimbun Lemak di Perut

Stres akan membuat seseorang melepaskan hormon kortisol dengan kadar yang tinggi. Jika hormon kortisol terlalu banyak di lepas maka akan menimbulkan penumpukan lemak di bagian perut. Biasanya terkena stres banyak dalami oleh para pekerja kantoran yang memikirkan tugasnya belum selesai, memiliki tagihan yang belum lunas, atau ada masalah keluarga juga dapat menimbulkan stres. Maka dari itu sebaiknya anda meminimalisir atau menghilangkan stres tersebut dengan cara melakukan meditasi, yoga, atau kegiatan lainnya yang dapat menghilangkan stres anda.

Sampel Letter Selain : 3 Alasan Kenapa Stres Bisa Menyebabkan Badan Gembrot, Gemuk dan Perut Buncit