Diet Rendah Purin Solusi Bagi Penderita Asam Urat Penyebab Radang Sendi

Diet Rendah Purin Solusi Bagi Penderita Asam Urat Penyebab Radang Sendi – Purin merupakan senyawa yang mengandung nitrogen, dan berasal dari dalam dan luar tubuh. Sumber purin yang berasal dari luar tubuh berperan dalam proses peningkatan asam urat dalam tubuh kita. Asam urat inilah hasil akhir dari metabolisme purin sehingga makin banyak anda meongonsumsi makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi maka kadar asam urat anda pun akan semakin tinggi di dalam tubuh.

Terdapat banyak sekali makanan yang mengandung banyak purin di luar sana. Bila anda mengonsumsinya untuk mengimbangi nutrisi dalam tubuh, itu tidak masalah. Namun melakukan program diet yang tidak seimbang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan zat gizi dan kelebihan zat gizi yang lain. Contohnya diet vegetarian, diet ini mengonsumsi berbagai macam sayuran seperti kacang-kacangan. Memang terdapat banyak protein di dalamnya namun anda akan kekurangan nutrisi yang masuk dalam tubuh sehingga asupan nutrisi dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Makanan apa saja yang merupakan sumber senyawa purin?

Makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi seperti jerohan, telur ikan, alkohol, ikan teri, daging angsa, ragi, dan sarden. Sedangkan makanan yang mengandung kadar purin yang sedang dapat anda temukan pada ikan bawal, ikan tongkol, ikan bandeng, daging ayam, daging sapi, kerang, bayam, kacang kapri, kacang-kacangan, buncis, tahu dan tempe.

Hiperurikemia merupakan kadar asam urat yang tinggi yaitu melebihi 7 mg/dl dalam darah. Bila tidak segera diatasi dan membiarkannya dalam waktu yang lama, hal ini akan mengakibatkan peradangan pada sendi dan batu ginjal. Kebanyakan orang mungkin menganggapnya sepele gejala awal peningkatan asam urat dalam tubuh dan tidak segera memeriksakan diri ke dokter. Mereka baru akan memeriksakan jika merasakan rasa sakit pada bagian pinggang dan sendi kaki yang disertai pembengkakan. Hal ini sangatlah salah jika gejala awalnya diabaikan karena gejala demikian bisa merupakan gejala awal dari penyakit batu ginjal.

Agar terhindar dari hiperurikemia tersebut mulailah dari sekarang anda harus perbaiki pola hidup yang sehat, rutin berolahraga, asupan makanan yang seimbang, hindari minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan rendah purin.

Sampel Letter Selain : Diet Rendah Purin Solusi Bagi Penderita Asam Urat Penyebab Radang Sendi